Cari Blog Ini

Kamis, 14 Juli 2011

Perlu Dibuatkan Hak Paten

http://kupang.tribunnews.com/read/artikel/66106/perlu-dibuatkan-hak-paten
Perlu Dibuatkan Hak Paten
Beredar Tenun Ikat Made in China
POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Tenun ikat merupakan komoditi yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Mengingat, produk khas Nusa Tenggara Timur ini menjadi incaran wisatawan.
Namun, menurut Dorce Lussy dari Sentra Tenun Ikat Ina Ndao mengatakan, akhir-akhir ini, beredar tenun ikat yang bukan produksi NTT.

Sejumlah tenun ikat produk Cina sudah beredar di NTT. Dan, keadaan itu membuatnya hatinya merasa miris.  “Pada  Oktober 2010, saya sempat menangis karena melihat motif tenun ikat dari Cina banyak digunakan di sini,” katanya pada Rapat Koordinasi Peningkatan Produktif Peningkatan Produktivitas dan Nilai Tambah Hasil Produk Olahan Berbasis Komoditi Lokal Unggulan Daerah Berhak atas HAKI yang berlangsung di hotel Pelangi, Jalan Veteran, Rabu (13/7/2011).

Oleh karenanya, mereka berharap, pemerintah bertindak cepat mengenai masalah itu. Salah satunya, pemerintah bisa mengalokasikan dana untuk pembuatan hak paten bagi tenun ikat khas NTT. “Ini adalah budaya yang perlu dilindungi karena itu pemerintah bisa mengalokasikan dana untuk ini,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar